YANG MENS GA BENER, BACA INI – hamilin.com

YANG MENS GA BENER, BACA INI

Ginekologi
19

Mens yang bener:

  • Lamanya 2-7 hari
  • Jaraknya 20-35 hari
  • Sakit boleh tapi ga sampe pingsan dan mengganggu aktivitas

Macam kelainan mens:

  • Mens terlalu lama. Sampai lebih dari seminggu
  • Mens terlalu sering. Belum 15 hari kok udah mens lagi
  • Mens terlalu jarang. Udah 2 bulan kok ga mens
  • Mens sampe pingsan. Atau sampai ga masuk kerja/sekolah

APA SEBABNYA?

Kalau anda mengalami kelainan mens diatas, maka nomor satu anda harus tes kehamilan bagi yang sudah nikah. Atau tes HCG bagi yang belum nikah.

Karena hamil bisa mengacau mens.

Kalau hasilnya negatif? Maka ikuti langkah berikutnya…

Langkah berikutnya adalah ke SpOG.

USG dan pemeriksaan dalam:

SpOG akan melakukan pemeriksaan dan usg. Mencari tau ada ini apa enggak:

1. Polip 


Polip ini bisa ketahuan kalau dilihat atau diperiksa dalam. 

2. Adenomiosis

Dokter akan periksa dalam dan USG. Menemukan hal dibawah ini.

Ini diatas ini, adalah adenomiosis. Rahimnya membesar begitu, karena sel kelenjar rahim masuk ke otot rahim.


Ini gambaran USG endometriosis. 

3. Mioma uteri

Ini adalah mioma uteri.

Diatas ini, adalah gambar rahim dengan mioma uteri yang banyak.


Kalau yang diatas ini adalah USG dari mioma uteri

4. Kanker rahim

Beda dengan kanker leher rahim. Biasanya ini karena usia tua. Sudah menopause kok berdarah lagi.

Kalau ada gejala seperti itu akan dilakukan biopsi endometrium.

Gambar diatas ini adalah gambar kanker endometrium rahim.


Ini adalah gambaran endometrium rahim menebal. Kelihatan dari USG

KALAU DARI USG DAN PEMERIKSAAN NORMAL?

Maka ada kemungkinan lainnya:

5. Kelainan darah

Biasanya orangnya suka mimisan, gusi berdarah.

6. Gangguan ovulasi

Contohnya: PCOS, Hipertiroid, Hiperprolaktinemia, stres, obesitas.

7. Infeksi endometrium

Biasanya klamidia menginfeksi. Cek klamidia?

8. Obat dan KB

Kalau sedang minum obat jangka panjang, atau sedang pakai KB. Ya kadang mensnya berantakan

OBATNYA APA?

Tergantung sebabnya ya. Masing-masing beda obatnya.

Tapi yang jelas bukan alternatif atau herbal. Dan kemungkinan besar bisa pakai BPJS.

Fertilitas
Haid Tidak Teratur? Begini cara ceknya

Banyak yang mens teratur, mengira mens nya tidak teratur. Cemas. Tapi ada juga yang mengira haidnya teratur, eh kok ternyata sebenarnya itu tidak teratur. Ciri-ciri mens yang bener dan teratur Berlangsung 2-7 hari saja Berjarak minimal 20 hari Berjarak maksimal 35 hari Yuk kita lihat dan latihan contoh-contohnya: Contoh satu …

Ginekologi
PENEBALAN DINDING RAHIM

Penebalan dinding rahim artinya dinding rahimnya menebal. Penebalan dinding rahim pada wanita muda yang masih menstruasi, normal. Bisa menebal dan menipis sesuai siklus menstruasi. Saat awal menstruasi 2-4 mm. Masa subur jadi 7-16 mm. Pada wanita yang masih menstruasi, penebalan penipisan dinding rahim/endometrium ya biasa saja. Normal. Kecuali mens nya …

Ginekologi
4
KISTA GANAS = KANKER OVARIUM

Beberapa kista ganas. Bukan berubah menjadi ganas. Tapi memang ganas sejak awal. Jadi memang jenis kista itu banyak lho. Ada yang jinak ada yang ganas. Kali ini kita bahas yang ganas. GEJALA Gejala kista ganas alias kanker ovarium adalah… tidak ada gejala yang khas atau spesial. Semua terasa baik-baik saja.  Paling …

Ginekologi
3
Keputihan dan Berbau?

Vagina normalnya didominasi laktobasilus. Yang menghasilkan pH asam. Cocok dengan lingkungannya. Pada kondisi tertentu, si laktobasilus ini kalah. Biasanya ya karena kita. Kalau si laktobasilus kalah, ya akhirnya kita kena keputihan deh. Tindakan penyebab keputihan: Suka menyabun vagina berlebihan. Membuat laktobasilus mati Hubungan seks yang tidak aman. Misal tanpa kondom …

Ginekologi
11
KEPUTIHAN KEPUTIHAN

Didalam vagina, bersarang berbagai bakteri. Dalam kondisi seimbang.  Sehingga bau vagina berbeda dengan kulit. Kondisi ini diciptakan agar vagina tidak mudah dikuasai satu bakteri atau mikroorganisme tertentu. Yang malah berbahaya buat vagina dan wanita. Jika vagina dibersihkan dengan antiseptik, maka yang terjadi malah keputihan. Karena jadi ga seimbang.  Atau jika …

Ginekologi
11
KISTA GA PERLU DIOPERASI DAN GA PERLU DIOBATI ASALKAN….

Kista ovarium adalah pembesaran folikel ovarium melebihi ukuran normal. Normalnya folikel hanya 2-3 cm saja. Tapi pada kista, bisa melebihi itu.   Kista ga perlu dioperasi dan diobati asal… Kista ini tidak perlu dicemaskan, tidak perlu diobati, tidak perlu dikasih herbal atau alternatif asal: Ukuran dibawah 5 cm Tidak ada …

Kalau sudah operasi mioma uterus… Mens masih lama apakah masih ada? Mens darah hanya 2 hari…. Selebihnya flek coklat sedikit sampai 8hari…total 10harii… Tidak normalkah ?

Mens saya bln kmrn dok 1bln smpe 3x dan itu ckp lm skali mens bs smpe 10hri dan bln ini jangla waktuna cpt bgt bln kmrn tgl 23 trkhr selesai mens trs tgl 2 mens gmn solusina dok apakah saya hrs USG terimakasih

Sejak pake KB pasang, Mens sy jadi ga teratur. Kadang blm seminggu dh mens lg, Kadang 2 bln br mens. Gimana solusinya? Apa mungkin ad kelainan medis lain??

Sy mengalami mens yg terlalu jarang dok .. lebih sering mens 2 bln sekali tgl juga gk menentu .. pernah 3bln baru mens .. dan itu dr waktu sy gadis sampai skrg sdah pnya 2 anak .. usia sy skrg 30th ..jd apa sy jg juga hrus usg dlu atau tindakan apa yg hrs sy lakukan dok .. mengingat skrg ini penyakit bnyk macemnya n aneh2 dok ..
Terimakasih .. mohon pencerahannya

Doc sy mau tnya,Sy means tp knpa ya darah nya gk mau turun, dri hari pertama sy means sy gk ada pakai pembalut, sbb darah means sy gk kluar, tp bila sy kencing atau sy buar meruang(mengorek dgn jari) darah means sy bnyk berlendir dan menggumpal. Sbb sy juga ada pengidap PCOS semnjak sy nikah (2thun) means sy jd gk lancar.
2bln skali sy bru means, skali sy means smpai 2minggu atau 1bln, smpai sy stress. Klau means nya aja gk lancar gimna sy mau punya anak..
Doc tolong bgi solusia nya ya..
Dan terima kasih.

Dok saya mau tanya nih… Kaka saya ko mensnya jarang jarang ya kadang telat sampe setahun, terus gak mens lagi 7 bulan terus seperti itu sudah 10 tahun lebih. Waktu pertama nikah kaka saya ikut kb yg satu bulan itu pun cuma sekali tp sampe sekarang ko belum juga hamil… Kenapa ko seperti itu ya dok…?

Saya wanita umur 35th,setelah melahirkan jarak 5th,saya mengikuti program KB suntik mens saya,tidak teratur yaitu flek hingga 1-3 minggu,karna takut saya berhenti menggunakan kb suntik,

mens saya ga teratur setelah lepas kB apa.itu normal?
kadang baru kelar 3 atau 5hari sudah mens lagi,dan itu terjadi selama sebulan. apa itu sehat dan wajar saja? mohon infonya yah….makasih

Saya sudah 6 tahun tidak mengalami menstruasi. Saya juga sudah cek ke dokter dan semuanya normal. Sudah di beri obat juga.. tapi sampai sekarang masih belum mens juga. Apa sebabnya yaa dokter???

Assalamualaikum, dok saya mau tanya, sudah sebulan ini haid saya diminggu pertama bulan juni ini 10 hari setelah 2 hari tidak haid, hari berikutnya haid lagi sampai 12 hari.. saya pakai alat kb implan yg dipasang dilengan kiri saya, saya blm sempat ke dokter tapi sempat tanya ke puskesmas katanya mmg gangguan hormonnya. Apakah mmg seperti itu dok kalo pake KB? apa sebaiknya saya Mengganti KB nya? Atau ada masalah lain?? Tolong penjelasannya dok.. terima kasih

Dok,sy kuretase 8 bln lalu krna by tdk brkembang.smenjak itu haid sy tdk normal ada yg tdk berhenti slama 3 bln &tdk haid sm skali slama 4 bln,sy usg trs dikasih kb u/orng brhaji biasanya br haid kmbali.bln ini sy haid kmbali tp beda 15 hr dr tanggal sblmnya.tp haid kali ini sy mrasakan skt pinggang luar biasa smpai paha &kaki sy,sampai ssh bergerak.apakah ini pertanda ada klainan pd sy dok?

Dok saya ibi rumah tangga usia 26th, saya ikut KB suntik.. Saya mau tanya dok.. Baru2 ini saya mens 4hr lancar,setelah itu mensnya berhenti. Kemudian 3hr kemudian saya keluar lagi mens 1hr.. Lalu besoknya berenti lagi.. 2hari kemudian keluar lagi mensnya. Saya jd binggung,kira2 knp yaa dok.makasih

Mens saya bln kmrn dok 1bln smpe 3x dan itu ckp lm skali mens bs smpe 10hri dan bln ini jangla waktuna cpt bgt bln kmrn tgl 23 trkhr selesai mens trs tgl 2 mens gmn solusina dok apakah saya hrs USG terimakasih

Dok saya mau brtanya…sya lepas kb suntik yg satu bulan.knp stlah lepas kb suntik sy jd haid trs sudah hmpir 2bln haid msh blm juga berenti.pdahal sudah prksa k dktr sdh usg juga hsilnya tdk apaapa.apakah itu hal yg wajar dok.mhon jwb y dok.trmksh

Dokter. saya 20 mei melahirkan nifas selesai bulan juni akhir kemudian bersambung dg mens hanya 3 harian. sebulan dr situ saya mens lgi. kemudian 15 hari lagi mens, 10 gari lagi mens, 7 hari lagi mens, 10 hari lagi mens begitu seterusnya sampe skrag. suci sekitar semingguan. Mens tidak lagi sakit seperti dulu. Kalau dulu sampe harus tiduran dihari pertama dan kedua. pasca melahirkan, mens sedikit seperti mens hari ke 3,4 dahulu. Sekarang jg ga pernaj mengalami mens banyak seperti hari ke 1,2. dam panjang mens tetep 7 harian. apakah normal untuk saya? katanya kalau habis melahirkan memang kacau mensnya. Tapi saya rgu. Saya sudah tes hamil dan hasilnya negatif. tp kok saya merasa perut saya membesar ya. kaya hamil 5 bulan (apa karena habis ngelahirin hehee). Mohon jawabanya ya Dok

19 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*