BAYI SUSAH LAHIR: DISTOSIA BAHU

Jangan menganggap semua persalinan sama. Boleh jadi anda melahirkan dengan mudah, tapi bisa saja yang lain melahirkannya susah.

Beberapa persalinan memang susah dan gak mudah. Jangan diejek dan dihina. Bahwa dia kurang gigih melahirkan dsb. 

Cukup disupport. Tidak semua seberuntung anda.

DISTOSIA BAHU

Jarang didengar tapi bisa terjadi. Satu dari 2.000 persalinan bisa terjadi distosia bahu.

Selama setahun di Indonesia ada 2 juta kelahiran. Jadi ada 1.000 yang distosia bahu.

Apa itu? Itu adalah kondisi dimana bahu bayi nyangkut, gak mau lahir setelah kepala bayi lahir.


SIAPA YANG BISA KENA DISTOSIA BAHU?

Siapa saja yang melahirkan ada peluang 1:1000 kena distosia bahu. 

Salah satu cara mencegahnya adalah cek gula darah saat hamil.

Gula darah tinggi, bisa bikin bayi besar, dan bahu bayi nyangkut.

APA KOMPLIKASINYA?

Dokter atau bidan yang bisa menangani distosia sebaiknya ada disetiap melahirkan. 

Saking jarangnya distosia, tidak semua bisa bahkan tidak semua pernah bertemu distosia.

Tanyakan saja ke tempat anda akan melahirkan:

  1. Apakah bisa menangani distosia bahu?
  2. Apakah pernah menangani distosia bahu?

Tapi perlu diingat, walau sudah ditangani ahli, tetap ada komplikasi yang tidak bisa dihindari jika terjadi distosia bahu. 70% bisa selamat, tapi 30% sisanya bisa kena komplikasi distosia.

Apa saja komplikasinya?

  • Bayi meninggal. Karena gagal lahir dalam 6-10 menit.
  • Bayi sesak nafas. 
  • Patah tulang bahu bayi. Sengaja, agar bayi bisa lahir. Dan hidup.
  • Rusak saraf bahu bayi. Tidak sengaja, karena sulitnya bahu dilahirkan.

Apakah itu malpraktek? Saya katakan bukan. Itu adalah musibah. Karena distosia bahu memang kejadian jarang dan tidak bisa diprediksi.

Jika anda tetap maju ke pengadilan, kemungkinan besar akan habis waktu, energi dan biaya, serta kalah. 

Karena tidak ada seorangpun yang bisa menolak terjadinya distosia bahu.

KESIMPULAN

Pilih tempat melahirkan terbaik, karena memang kita ga pernah tahu dengan pasti apa yang bisa terjadi saat melahirkan. 

Saran saya, melahirkan ya di RS. Sekalian survey apakah bisa dan pernah menangani distosia bahu.

Obgyn
HATI-HATI KALAU HPL BELUM LAHIR

Banyak diantara kita yang sudah HPL (hari perkiraan lahir) tapi ga kenceng-kenceng, dan tidak ada tanda akan melahirkan. Bahaya ngga sih? Kalau hitungan HPL bener, dan belum lahir, memang kurang baik untuk bayi ya… bisa bahaya untuk bayi. Bisa-bisa air ketuban berkurang. Dan plasenta menua. Makanan bayi habis. Efeknya tentu …

Obgyn
KAPAN HPL SAYA DOK? APA HARUS USG?

Banyak banget ibu-ibu yang hamil, tapi lupa kapan mens terakhir. Iya kan? Dan malangnya, tidak USG pula. Kalau seperti ini yang kasihan ya ibu dan bayinya. Ga jelas usia kehamilannya, berat bayi nya, perkembangannya dan perkiraan hari lahirnya. Jadi ya bund. Lebih baik diingat-ingat bahwa USG terbaik untuk mengetahui HPL …

Obgyn
HARI AIDS: BISAKAH ORANG HIV+ HIDUP LAMA?

Bisa. HIV adalah nama virusnya. Jika tidak diobati dengan ARV (antiretroviral) HIV bisa menyebabkan AIDS (penyakit menurunnya daya tahan tubuh). Jika anda HIV+, tapi langsung mengkonsumsi obat ARV, maka anda bisa hidup lama seperti orang yang HIV- kok… Sebaiknya obati HIV sebelum menjadi AIDS. Kalau sudah AIDS, akan sulit. Siapa …

Fertilitas
Haid Tidak Teratur? Begini cara ceknya

Banyak yang mens teratur, mengira mens nya tidak teratur. Cemas. Tapi ada juga yang mengira haidnya teratur, eh kok ternyata sebenarnya itu tidak teratur. Ciri-ciri mens yang bener dan teratur Berlangsung 2-7 hari saja Berjarak minimal 20 hari Berjarak maksimal 35 hari Yuk kita lihat dan latihan contoh-contohnya: Contoh satu …

Obstetri
Berapa Taksiran Berat Janin Normal? Lihat Disini

Mungkin anda bertanya-tanya beberapa pertanyaan dibawah ini saat hamil, Berapa Berat Janin 5 bulan? Berapa Berat Janin 6 bulan? Berapa Berat Janin 7 bulan? Saat ini kita sudah lebih detail, sehingga ketimbang menggunakan bulan, lebih baik anda membiasakan menggunakan minggu. sehingga pertanyaannya diubah, menjadi: Berapa berat janin normal kehamilan 32 …

Obstetri
Ciri Ciri Orang Hamil Versi Dokter Kandungan

Sampai hari ini di Google, saya lihat masih banyak yang mencari ciri-ciri orang hamil, tanda-tanda kehamilan, tanda-tanda hamil, ciri-ciri hamil. Dan sebagainya. Padahal di era modern dan maju seperti saat ini, tanda-tanda kehamilan sangatlah mudah dan murah, serta akurat. Saya sebagai dokter kandungan, bisa saja menyebutkan ciri-ciri orang yang sedang hamil, …

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*