YUK IMUNISASI RUBELLA

21

Bulan Agustus September 2017 akan ada imunisasi massal rubella. 

Apa manfaatnya?

  1. Mencegah terkena rubella
  2. Jika pun terkena supaya tidak parah efeknya

Apa bahaya rubella?

Pada anak dan dewasa paling demam-demam saja. Tidak seperti campak yang bisa bikin diare dan sebagainya.

Tapi kalau suatu hari anak anda hamil, terkena rubella. Bayi yang dikandungnya bisa cacat atau kelainan.

Maka sebaiknya imunisasi rubella. Anak laki-laki juga. Biar tidak menularkan. Supaya cucu anda nanti tidak kelainan.

Kapan jadwalnya?

Program gratis ini akan dilakukan :

Jawa: Agustus – September 2017

Luar Jawa : Agustus – September 2018

Gratis di puskesmas dan RS pemerintah.

Kalau sudah pernah gimana?

Tidak apa-apa. Besok ini yang akan dilakukan adalah vaksinasi Campak dan Rubella (MR).

Semua anak divaksin saja. Walau sudah pernah. 

Yang belum pernah jadi kebal. Yang sudah pernah tetep kebal, atau naik kekebalannya.

Campak untuk anak anda. Rubella bermanfaat untuk cucu anda nantinya.

Kesimpulan

Jika anak anda 9 bulan sampai 15 tahun, besok dibawa vaksin MR ini ya. Mahal lho, 1-2 juta kali ya kalau bayar. Ini gratis.

Obgyn
HATI-HATI KALAU HPL BELUM LAHIR

Banyak diantara kita yang sudah HPL (hari perkiraan lahir) tapi ga kenceng-kenceng, dan tidak ada tanda akan melahirkan. Bahaya ngga sih? Kalau hitungan HPL bener, dan belum lahir, memang kurang baik untuk bayi ya… bisa bahaya untuk bayi. Bisa-bisa air ketuban berkurang. Dan plasenta menua. Makanan bayi habis. Efeknya tentu …

Obgyn
KAPAN HPL SAYA DOK? APA HARUS USG?

Banyak banget ibu-ibu yang hamil, tapi lupa kapan mens terakhir. Iya kan? Dan malangnya, tidak USG pula. Kalau seperti ini yang kasihan ya ibu dan bayinya. Ga jelas usia kehamilannya, berat bayi nya, perkembangannya dan perkiraan hari lahirnya. Jadi ya bund. Lebih baik diingat-ingat bahwa USG terbaik untuk mengetahui HPL …

Obgyn
HARI AIDS: BISAKAH ORANG HIV+ HIDUP LAMA?

Bisa. HIV adalah nama virusnya. Jika tidak diobati dengan ARV (antiretroviral) HIV bisa menyebabkan AIDS (penyakit menurunnya daya tahan tubuh). Jika anda HIV+, tapi langsung mengkonsumsi obat ARV, maka anda bisa hidup lama seperti orang yang HIV- kok… Sebaiknya obati HIV sebelum menjadi AIDS. Kalau sudah AIDS, akan sulit. Siapa …

Fertilitas
Haid Tidak Teratur? Begini cara ceknya

Banyak yang mens teratur, mengira mens nya tidak teratur. Cemas. Tapi ada juga yang mengira haidnya teratur, eh kok ternyata sebenarnya itu tidak teratur. Ciri-ciri mens yang bener dan teratur Berlangsung 2-7 hari saja Berjarak minimal 20 hari Berjarak maksimal 35 hari Yuk kita lihat dan latihan contoh-contohnya: Contoh satu …

Obstetri
Berapa Taksiran Berat Janin Normal? Lihat Disini

Mungkin anda bertanya-tanya beberapa pertanyaan dibawah ini saat hamil, Berapa Berat Janin 5 bulan? Berapa Berat Janin 6 bulan? Berapa Berat Janin 7 bulan? Saat ini kita sudah lebih detail, sehingga ketimbang menggunakan bulan, lebih baik anda membiasakan menggunakan minggu. sehingga pertanyaannya diubah, menjadi: Berapa berat janin normal kehamilan 32 …

Obstetri
Ciri Ciri Orang Hamil Versi Dokter Kandungan

Sampai hari ini di Google, saya lihat masih banyak yang mencari ciri-ciri orang hamil, tanda-tanda kehamilan, tanda-tanda hamil, ciri-ciri hamil. Dan sebagainya. Padahal di era modern dan maju seperti saat ini, tanda-tanda kehamilan sangatlah mudah dan murah, serta akurat. Saya sebagai dokter kandungan, bisa saja menyebutkan ciri-ciri orang yang sedang hamil, …

ternyata akibat dr penyakit rubella ini fatal jg ya?
tp sblmnya..mw nanya soal test lab pas hamil dulu..saya negatif virus rubella..trus saya jg lupa tuh anak saya da vaksin apa blm..tp yg jelas ini pntg ya or waji divaksin??

Dok saya mau tanya, anak saya untuk imunisasi dasarnya sudah komplit. Tapi untuk yang rubela belum pernah dan saya berniat untuk ikut imunisasi MR bulan depan. Pertanyaan saya, saat ini saya sedang hamil anak kedua. Kalau anak pertama saya ikut imunisasi MR selama dia belum kebal, apakah saya juga bisa tertular rubella?
Terimakasih.

21 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*