JAHITAN HABIS MELAHIRKAN

3

Ibu-ibu yang sudah pernah melahirkan pasti kebanyakan merasakan dijahit.

Yang belum melahirkan pengennya ga dijahit. Tapi kebanyakan akan dijahit juga. 

Penjahitan dilakukan karena robekan.

Kenapa kok bisa robek dok?

Karena diameter vagina sekitar 4 cm. Memang vagina bisa elastis dan melar, tapi tetap saja susah untuk dilewati kepala bayi.

Tahu kan kalau kepala bayi diameter nya minimal 9-10 cm. 

Itulah yang sebabkan robekan.

Pilih digunting atau enggak?

Saat kepala lahir, jalan lahir ada yang digunting untuk melebarkan jalan lahir. 

Kalau tidak digunting biasanya pun tetap robek, karena kepala bayi relatif lebih besar daripada jalan lahir. Kecuali melahirkan kedua, ketiga dst biasanya jarang robek. 

Digunting: Lebih rapi robekannya

Tidak digunting: Lebih berantakan robekannya.

Parahnya robekan?

Parahnya robekan beda-beda. Setiap ibu melahirkan. 

  1. Ada yang cuma kulitnya aja yang robek
  2. Ada yang sampai otot vagina robeknya
  3. Ada yang sampai otot anus robeknya
  4. Ada yang sampai permukaan anus robeknya 

Kesemuanya akan dijahit. 

Mending dijahit apa enggak?

Kebanyakan akan menolak dijahit. Takut sakit. Padahal dibius. 

Keuntungan dijahit, 

  • Fungsi kandungan kembali semula. 
  • Fungsi seks mendekati semula
  • Perdarahan bisa berhenti

Kalau sudah dijahit tapi fungsi BAK, BAB terganggu, hub seks sakit, atau perdarahan terus…. mungkin perlu dijahit ulang. 

Obgyn
HATI-HATI KALAU HPL BELUM LAHIR

Banyak diantara kita yang sudah HPL (hari perkiraan lahir) tapi ga kenceng-kenceng, dan tidak ada tanda akan melahirkan. Bahaya ngga sih? Kalau hitungan HPL bener, dan belum lahir, memang kurang baik untuk bayi ya… bisa bahaya untuk bayi. Bisa-bisa air ketuban berkurang. Dan plasenta menua. Makanan bayi habis. Efeknya tentu …

Obgyn
KAPAN HPL SAYA DOK? APA HARUS USG?

Banyak banget ibu-ibu yang hamil, tapi lupa kapan mens terakhir. Iya kan? Dan malangnya, tidak USG pula. Kalau seperti ini yang kasihan ya ibu dan bayinya. Ga jelas usia kehamilannya, berat bayi nya, perkembangannya dan perkiraan hari lahirnya. Jadi ya bund. Lebih baik diingat-ingat bahwa USG terbaik untuk mengetahui HPL …

Obgyn
HARI AIDS: BISAKAH ORANG HIV+ HIDUP LAMA?

Bisa. HIV adalah nama virusnya. Jika tidak diobati dengan ARV (antiretroviral) HIV bisa menyebabkan AIDS (penyakit menurunnya daya tahan tubuh). Jika anda HIV+, tapi langsung mengkonsumsi obat ARV, maka anda bisa hidup lama seperti orang yang HIV- kok… Sebaiknya obati HIV sebelum menjadi AIDS. Kalau sudah AIDS, akan sulit. Siapa …

Fertilitas
Haid Tidak Teratur? Begini cara ceknya

Banyak yang mens teratur, mengira mens nya tidak teratur. Cemas. Tapi ada juga yang mengira haidnya teratur, eh kok ternyata sebenarnya itu tidak teratur. Ciri-ciri mens yang bener dan teratur Berlangsung 2-7 hari saja Berjarak minimal 20 hari Berjarak maksimal 35 hari Yuk kita lihat dan latihan contoh-contohnya: Contoh satu …

Obstetri
Berapa Taksiran Berat Janin Normal? Lihat Disini

Mungkin anda bertanya-tanya beberapa pertanyaan dibawah ini saat hamil, Berapa Berat Janin 5 bulan? Berapa Berat Janin 6 bulan? Berapa Berat Janin 7 bulan? Saat ini kita sudah lebih detail, sehingga ketimbang menggunakan bulan, lebih baik anda membiasakan menggunakan minggu. sehingga pertanyaannya diubah, menjadi: Berapa berat janin normal kehamilan 32 …

Obstetri
Ciri Ciri Orang Hamil Versi Dokter Kandungan

Sampai hari ini di Google, saya lihat masih banyak yang mencari ciri-ciri orang hamil, tanda-tanda kehamilan, tanda-tanda hamil, ciri-ciri hamil. Dan sebagainya. Padahal di era modern dan maju seperti saat ini, tanda-tanda kehamilan sangatlah mudah dan murah, serta akurat. Saya sebagai dokter kandungan, bisa saja menyebutkan ciri-ciri orang yang sedang hamil, …

yeaayy akhirnya yang ditungguin dibahas juga… btw, kalo lahiran sama bidan bisa minta bius juga atau harus lahiran sama dokter baru bisa minta bius ini? soalnya di daerah saya gak pernah di bius kalo saat jahitnya.

Dok saya mau bertanya wjt kelahiran anaj oertama saya di jahit ampe 2 kali karna jahitan pertama gk rapi gara 2 saya pendarahan jahitan nya sampe 20/gitu zigzag lagi dok,
Wkt saya ingin berhubungan dgn suami susah bgt soalnya gk msk,ampe saya berpikir apa lobang vagina saya ketutup…
Amoe sekarang juga begitu,ini saya hamil anak ke 2 saya lihat vagina saya dok….
Kalau dkt lobang vagina saya seperti ada benjolan gitu….
Apa itu penyebab saya berhubungan sama suami tabisa masuk
Makasih dok
Mohon penjelasan nya

Tapi knp rata2 rumah sakit di daerah saya sekarang melarang bius terlebih dulu y dok?kata_y bisa ga berasa waktu berhbungan.
Termasuk saya yg harus nahan sakit 10 jahitan tanpa bius…😫

3 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*