KISTA GANAS = KANKER OVARIUM

Ginekologi
4

Beberapa kista ganas. Bukan berubah menjadi ganas. Tapi memang ganas sejak awal.

Jadi memang jenis kista itu banyak lho. Ada yang jinak ada yang ganas. Kali ini kita bahas yang ganas.

GEJALA

Gejala kista ganas alias kanker ovarium adalah… tidak ada gejala yang khas atau spesial. Semua terasa baik-baik saja. 

Paling sering ketahuan sih perut membesar seperti hamil. Tapi kalau sudah membesar, seringnya terlambat.

Gejala yang lain yang tidak khas:

  • Ga ada gejala apa-apa
  • Kembung
  • Perut sebah/penuh
  • Pipis ga lancar, atau malah ngompol
  • Sakit perut
  • Sakit hub mens
  • Perut kaya ada isinya

Nggak khas banget kan. Itu sebabnya kanker ovarium sering telat kena deteksi. 

USG SATU-SATUNYA…

USG jadi alat intip satu-satunya yang terjangkau harganya untuk lihat kanker ovarium alias kista ganas ini.

Jadi kalau anda penasaran ada kista apa enggak, ganas apa enggak. Nomer satu ya USG. Murah.

KALAU GANAS USG NYA BEDA SAMA YANG JINAK?

Betul sekali. Kebanyakan kanker ovarium udah ketahuan sejak USG. Kira-kira 60-80% udah ketahuan sejak USG.

Tanda-tanda ganas dari USG kalau kistanya:

  1. Ada bagian padatnya. Tidak cair saja
  2. Bagian padatnya ada yang menonjol-nonjol, namanya papil
  3. Jumlah kistanya ga cuma satu
  4. Ada sekat-sekat dikistanya. Semacam ada tembok didalam kista
  5. Diperut ada airnya. Namanya asites
  6. Di liver atau hati pasien ada benjolan-benjolan, penyebaran kanker. Yang dinamakan metastasis hepar
  7. Pas dirontgen atau sinar X paru-paru juga ada benjolan atau metastasis

Enggak semua harus ada saat USG. Ada minimal 2 atau bahkan 1 tanda saja, sudah agak curiga ini ganas.

OPERASI

Kalau curiga ganas, nanti akan dicek laboratorium, yang dicek salah satunya tumor marker penanda apakah ini kemungkinan ganas?

Kalau curiga ganas, akan dirujuk ke rumah sakit yang bisa operasi kanker ovarium.

Solusi paling wajib kalau curiga ganas adalah operasi. Jangan takut ya. Ini memang satu-satunya jalan kalau ganas. Inlah satu-satunya jalan jika ganas.

Dari operasi nanti ketahuan apa bener ganas, atau tidak. Sudah parah atau belum stadiumnya. Itu juga taunya dari operasi.

Kalau beneran ganas, dilakukan operasi besar. Untuk menyelamatkan nyawa, semua diangkat. Karena kanker biasanya udah masuk ke semua lini. Dari rahim, telur, penggantung usus, usus buntu, sampai getah bening didekatnya diangkat.

Baru setelah itu dilakukan kemo atau sinar radiasi.

Apakah pasti sembuh? Tidak. Kanker masih sulit diobati. Tetapi kalau masih stadium awal, misal stadium 1, peluang sehatnya besar (walau tidak sembuh)

Kesimpulan

  • Tidak semua kista ganas
  • Kalau curiga ganas, operasi adalah jalan terbaik
  • Stadium menentukan keberhasilan terapi
Fertilitas
Haid Tidak Teratur? Begini cara ceknya

Banyak yang mens teratur, mengira mens nya tidak teratur. Cemas. Tapi ada juga yang mengira haidnya teratur, eh kok ternyata sebenarnya itu tidak teratur. Ciri-ciri mens yang bener dan teratur Berlangsung 2-7 hari saja Berjarak minimal 20 hari Berjarak maksimal 35 hari Yuk kita lihat dan latihan contoh-contohnya: Contoh satu …

Ginekologi
PENEBALAN DINDING RAHIM

Penebalan dinding rahim artinya dinding rahimnya menebal. Penebalan dinding rahim pada wanita muda yang masih menstruasi, normal. Bisa menebal dan menipis sesuai siklus menstruasi. Saat awal menstruasi 2-4 mm. Masa subur jadi 7-16 mm. Pada wanita yang masih menstruasi, penebalan penipisan dinding rahim/endometrium ya biasa saja. Normal. Kecuali mens nya …

Ginekologi
19
YANG MENS GA BENER, BACA INI

Mens yang bener: Lamanya 2-7 hari Jaraknya 20-35 hari Sakit boleh tapi ga sampe pingsan dan mengganggu aktivitas Macam kelainan mens: Mens terlalu lama. Sampai lebih dari seminggu Mens terlalu sering. Belum 15 hari kok udah mens lagi Mens terlalu jarang. Udah 2 bulan kok ga mens Mens sampe pingsan. …

Ginekologi
3
Keputihan dan Berbau?

Vagina normalnya didominasi laktobasilus. Yang menghasilkan pH asam. Cocok dengan lingkungannya. Pada kondisi tertentu, si laktobasilus ini kalah. Biasanya ya karena kita. Kalau si laktobasilus kalah, ya akhirnya kita kena keputihan deh. Tindakan penyebab keputihan: Suka menyabun vagina berlebihan. Membuat laktobasilus mati Hubungan seks yang tidak aman. Misal tanpa kondom …

Obstetri
Inkompetensi Serviks

Pada beberapa wanita, kadang terjadi inkompetensi serviks. Apa itu? Kehamilan, usia sekitar 13-28 minggu. Tanpa ada kontraksi, tiba-tiba keguguran.  Bedanya dengan abortus, atau blighted ovum adalah inkompetensi serviks ini biasanya: Usia kehamilan saat keguguran. Terjadi saat 13-28 minggu pada inkompetensi serviks Saat di usg bayi dalam kondisi baik denyut jantungnya …

Onkologi
12
Apa itu papsmear?

Papsmear adalah deteksi dini kanker serviks. Kanker serviks bisa dicegah. Dengan papsmear rutin.  Papsmear Ini adalah pengambilan sampel di serviks (leher rahim). Nanti sampel ini akan dikirim ke laboratorium. Jika hasilnya negatif, maka anda aman. Cukup kembali papsmear ulang 1-3 tahun lagi. Jika hasilnya positif, maka anda perlu kolposkopi. Apa …

Saya tahun 1998 terdeteksi kanker ovarium stadium 3B. Oprasi dan kemoterapi 3 siklus. Tadinya vonis dokter skitar 2 tahunan lagi, tapi alhamdulillah sampai sekarang sehat2 saja. Hidup sehat, olah raga (dikit sih, habis saya mah orangnya malesan, hehe), gak cape2an, banyaj istirahat, jaga makan, gak ada pantangan makan asal tau diri aja jangan berlebihan, hidup bahagia, keluarga terutama suami menjaga kesehatan dan kebahagiaan saya, bersyukur dan beribadah pada Allah SWT. Alhamdulillah, sehat dan bahagia selalu…

Dok januari 2017 saya operasi kista coklat,kanan,kiri,sudah suntik tapros 4x,tapi di tapros ke 3 di usg ternyata kista tumbuh lagi,,apa ini ada indikasi kanker dok? Mohon pencerahannya

4 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*