Saya Akan Mati

Uncategorized
2

Suatu hari nanti. Entah hari ini, esok atau kapan. Saya akan mati.

Secara rata-rata orang Indonesia akan mati di usia 65-70 tahun. Rata-rata.

Ada yang meninggal sebelum, ada yang meninggal sesudah.

Penyakit yang kemungkinan menyebabkan saya mati

Saya laki-laki, hidup di Indonesia. Tidak merokok. Tidak alkoholik. Apa kira-kira penyebab saya mati?

1. Jantung

Rata-rata orang kena serangan jantung di 60-an tahun. Kebanyakan meninggal sih kalau sampai kena serangan jantung. Kalau ga meninggal ya gagal jantung, terus meninggal.

Supaya ga kena serangan jantung saya harus rajin jalan kaki, dan jaga kolesterol-tekanan darah-kadar gula nih. Jangan gemuk saya berarti.

Biaya serangan Jantung mencapai 100 juta. Biaya transplantasi Jantung mahal pake banget. Ga sanggup.

2. Kanker

Ada beberapa kanker yang mungkin bisa saya derita:

Kanker prostat

Risiko kanker prostat akan naik saat saya usia 50 tahun keatas. 

Deteksi dini kanker prostat ada 3

  • Colok dubur oleh dokter bedah 
  • Cek PSA dan free PSA
  • USG transrektal

Nanti diusia 40 tahun saya berarti harus cek ini. Biaya mungkin 5 juta cukup ya. 

Gunanya deteksi dini untuk apa? Ya biar bisa sembuh. Kalau ketahuan sebelum kanker kan bisa sembuh.

Kanker nasofaring

Ini kanker di tenggorokan. Nomer tiga terbesar penyebab kanker laki-laki.

Sayangnya ga ada deteksi dininya ya. Kalau sudah gejala, hiks terlambat. Menderita.. 

Jadi kalau kena ini pasrah deh ya. 

Sekarang sedang diteliti plasma EBV virus untuk deteksi dini. Nanti kalau udah ketemu periksa deh. Mungkin biaya ga sampai 5 juta. 

Kanker esofagus

Saya punya maag dan GERD (asam lambung naik ke tenggorokan) jadi berisiko kena ini kali ya.

Untuk tau sejak dini, perlu endoskopi. Sepertinya diantara semuanya ini yang paling urgent untuk diperiksa.

Tapi kalau ternyata positif, apakah saya siap?

Kanker usus 

Kanker usus besar juga ga enak. Semua kanker ga enak. Gejalanya apa?

Kalau nunggu gejala, artinya saya sudah kanker. Kalau sudah kanker obatnya susah.

Jadi saya tidak peduli dengan gejala dan fokus dengan pencegahan dini.

Alias mengetahui sebelum terjadi kanker.

Untuk kanker usus ini saya mau periksa colonoscopy nanti saat usia 40 tahun.

3. Sebab lain

Yang diatas itu kemungkinan sebab yang kira-kira akan sebabkan saya meninggal. 

Tapi ada sebab lain, contohnya kecelakaan. Ya kalau ini sulit dicegah sih. Berdoa saja.

Ya minimal sedia BPJS atau asuransi atau tabungan deh. 

Peduli dengan diri sendiri

Iya. Yang sedang saya lakukan adalah peduli dengan diri sendiri.

Yaitu mencatat apa saja risiko–risiko yang saya hadapi. Lalu mencari solusinya. Kalau bisa dicegah. 

Anda juga bisa lho, mencatat dan mengingat riwayat-riwayat anda. Jadi kedepan bisa dikumpulkan dan dianalisis.

Download saja aplikasi ini:

Rekmed Pasien

Pakai aplikasi diatas untuk mencatat penyakit-penyakit anda, atau perilaku anda (merokok, alkohol), mencatat lab-lab anda, sehingga bisa ketemu solusinya. 

Tapi jangan cuma didownload. Beneran dicatet, trus dicegah apa saja yang bisa bikin sakit. 

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*