Keputihan dan Berbau?

Ginekologi
3

Vagina normalnya didominasi laktobasilus. Yang menghasilkan pH asam. Cocok dengan lingkungannya.

Pada kondisi tertentu, si laktobasilus ini kalah. Biasanya ya karena kita.

Kalau si laktobasilus kalah, ya akhirnya kita kena keputihan deh.

Tindakan penyebab keputihan:

  1. Suka menyabun vagina berlebihan. Membuat laktobasilus mati
  2. Hubungan seks yang tidak aman. Misal tanpa kondom
  3. Arah membersihkan vagina dari belakang kedepan. Bakteri anus jadi kebawa ke vagina.
  4. Pakaian terlalu ketat dan lembab

Jadi pencegahannya ya jangan lakukan yang diatas itu.

Apa saja sebab keputihan?

Ada tiga penyebab sering keputihan:

  1. Bakterial Vaginosis. Ini disebabkan berkuasanya kuman anaerob. Karena pakai celana ketat dan suka pakai sabun pembersih
  2. Candidiasis alias jamur. Penyebabnya hampir sama dengan nomor satu
  3. Trichomonas alias protozoa. Penyebabnya hubungan seks

Gejalanya gimana?

Gejalanya sendiri hampir sama. Keputihan, kadang nyeri, kadang bau busuk. Warnanya bisa putih susu, kuning sampai hijau.

Sulit membedakan ketiganya. Sehingga terkadang perlu dilakukan pemeriksaan dokter maupun laboratorium.

Kalau yang normal bagaimana?

Yang normal: tidak gatal, tidak bau, tidak kental. 

Obatnya apa?

Obat akan disesuaikan dengan sebabnya. Obatnya juga mudah. Tetapi juga sering datang lagi. Kalau tidak menjaga kondisi.

Terus gimana dong?

Kalau keputihan yang mengganggu sampai nyeri, perih, gatal, bau atau banyak. Ya diobati.

Kalau sudah sembuh, lakukan pencegahan. Supaya ga kambuh lagi. Cebok yang benar, jangan pakai pakaian ketat dan lembab, jangan hubungan seks tanpa kondom, jangan sabun sering-sering sampai kering.

Kalau kena Trichomonas ya pasangan ikut diobati.

Kalau sudah diobati ga sembuh-sembuh?

Lakukan papsmear dan kultur-sensitivitas.

Papsmear akan deteksi kanker. Sementara kultur sensitivitas akan deteksi kuman dan obat yang tepat.

Bonus

Pakai daun sirih bisa gak? Kalau sudah keputihan ya ga bisa. Kurang ampuh.

Herbal-herbal itu bisa gak? Ya lagi-lagi kalau sudah keputihan ga bisa. Kan sebabnya kuman, bakteri, jamur, protozoa. 

Fertilitas
Haid Tidak Teratur? Begini cara ceknya

Banyak yang mens teratur, mengira mens nya tidak teratur. Cemas. Tapi ada juga yang mengira haidnya teratur, eh kok ternyata sebenarnya itu tidak teratur. Ciri-ciri mens yang bener dan teratur Berlangsung 2-7 hari saja Berjarak minimal 20 hari Berjarak maksimal 35 hari Yuk kita lihat dan latihan contoh-contohnya: Contoh satu …

Ginekologi
PENEBALAN DINDING RAHIM

Penebalan dinding rahim artinya dinding rahimnya menebal. Penebalan dinding rahim pada wanita muda yang masih menstruasi, normal. Bisa menebal dan menipis sesuai siklus menstruasi. Saat awal menstruasi 2-4 mm. Masa subur jadi 7-16 mm. Pada wanita yang masih menstruasi, penebalan penipisan dinding rahim/endometrium ya biasa saja. Normal. Kecuali mens nya …

Ginekologi
4
KISTA GANAS = KANKER OVARIUM

Beberapa kista ganas. Bukan berubah menjadi ganas. Tapi memang ganas sejak awal. Jadi memang jenis kista itu banyak lho. Ada yang jinak ada yang ganas. Kali ini kita bahas yang ganas. GEJALA Gejala kista ganas alias kanker ovarium adalah… tidak ada gejala yang khas atau spesial. Semua terasa baik-baik saja.  Paling …

Ginekologi
19
YANG MENS GA BENER, BACA INI

Mens yang bener: Lamanya 2-7 hari Jaraknya 20-35 hari Sakit boleh tapi ga sampe pingsan dan mengganggu aktivitas Macam kelainan mens: Mens terlalu lama. Sampai lebih dari seminggu Mens terlalu sering. Belum 15 hari kok udah mens lagi Mens terlalu jarang. Udah 2 bulan kok ga mens Mens sampe pingsan. …

Ginekologi
11
KEPUTIHAN KEPUTIHAN

Didalam vagina, bersarang berbagai bakteri. Dalam kondisi seimbang.  Sehingga bau vagina berbeda dengan kulit. Kondisi ini diciptakan agar vagina tidak mudah dikuasai satu bakteri atau mikroorganisme tertentu. Yang malah berbahaya buat vagina dan wanita. Jika vagina dibersihkan dengan antiseptik, maka yang terjadi malah keputihan. Karena jadi ga seimbang.  Atau jika …

Ginekologi
11
KISTA GA PERLU DIOPERASI DAN GA PERLU DIOBATI ASALKAN….

Kista ovarium adalah pembesaran folikel ovarium melebihi ukuran normal. Normalnya folikel hanya 2-3 cm saja. Tapi pada kista, bisa melebihi itu.   Kista ga perlu dioperasi dan diobati asal… Kista ini tidak perlu dicemaskan, tidak perlu diobati, tidak perlu dikasih herbal atau alternatif asal: Ukuran dibawah 5 cm Tidak ada …

Sya mengalami ke putihan sudah 5 bulan.
Sya sudah melakukan Pap smear..
Tapi tidak berbau cara mengatasi na GI mana tolong penjelasan ny.

Selamat siang dok, mau tanya kalau keputihan sampai keluar seperti susu basi seperti itu langsung tindakan priksa ke dokter.
Jarang pakai yg ketat tapi kadang masih sering dok.

siang dokter saya lg hamil 8 bln ud sebulan ini keluar keputihan tdk gatal tp kuning apa itu tdk apa2 dokter , dan tulang selangkangan sy sering pegal dan juga vagina saya pegel rasanya dokter itu knp ya dok ank ud di bawah yah trims

3 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*